Menyiapkan Kegiatan Sensorimotor Anak #dirumahaja

Selama adanya pandemi yang sedang terjadi dan mengikuti arahan dari pemerintah, setiap keluarga diharapkan untuk tetap menjaga diri di dalam rumah dalam waktu yang belum ditentukan. Hal ini membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu, termasuk keluarga dengan anak berkebutuuan khusus. Karena perubahan  yang terjadi aktivitas terapi yang juga menjadi rutinitas anak berkebutuhan khusus menjadi terhambat. Sedangkan anak-anak memerlukan optimalisasi pada kemampuan sensorimotornya setiap hari dengan latihan-latihan tertentu sesuai. Dengan melakukan terapi yang ditangani oleh ahlinya dapat membantu anak untuk mengoptimalkan kebutuhan sensorimotor tersebut Lantas bagaimana jika akibat pandemi ini menghambat anak untuk dapat melakukan terapi di klinik? Orang tua dan keluarga dapat membantu dan memfasilitasi anak untuk melakukan aktivitas yang menunjang kebutuhan sensorimotor dengan arahan dari ahli di rumah secara konsisten.

Sebelum melakukan aktivitas ada kalanya orangtua memahami hal-hal berikut ini:

  • Bersedia untuk konsisten dalam memfasilitasi dan membantu anak melakukan latihan dirumah yang disarankan ahli (psikolog, terapis)
  • Konsultasikan dan minta saran dari ahli (psikolog,terapis) untuk memberikan arahan latihan apa yang diperlukan anak dirumah.
  • Jelaskan pada anak dengan bahasa yang sederhana bahwa terdapat pandemi sehingga latihan harus dilakukan dirumah bersama dengan orang tua atau keluarga.
  • Membuat jadwal dan durasi latihan (bisa dengan membuat  kesepakatan dengan anak bila anak sudah mampu diajak negosiasi) misalnya bisa membuat jadwal dengan menyamakan  jadwal terapi diklinik.
  • Sudah memahami karakteristik anak. Misalnya kapasitas dan kemampuan anak,  apa yang mencetuskan anak untuk tantrum, apa yang membuat anak menjadi terdistraksi saat melakukan aktivitas tertentu dsb.
  • Menggunakan alat, bahan, media dan fasilitas yang ada dirumah semaksimal mungkin sebagai media latihan anak
  • Update perkembangan latihan anak dirumah kepada terapis, serta konsultasikan hal apa yang perlu dilakukan di rumah selanjutnya jika perlu

Contoh aktivitas sensormotor yang bisa dilakukan dirumah bisa dilihat di akun Instagram kami @mentarianakku 

(Narsum: Gandes Mutiara Aziz, S.Tr. Kes. (Okupasi Terapis))

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *