Bahasa Asing vs. Bahasa Ibu: Mana yang Lebih Penting Dipelajari?

#KeluargaMentari sebelumnya sudah pernah dengar belum apa sih itu bahasa ibu dan bahasa asing? Yap, bahasa ibu adalah bahasa pertama yang terpapar pada anak sejak lahir atau selama anak berada di periode kritisnya. Periode tersebut merupakan masa yang paling optimal untuk perkembangan bahasa. Sedangkan bahasa asing adalah bahasa yang dipelajari setelah bahasa ibu dikuasai.

Nah kira-kira mana sih yang penting? Menurut pendapat Ibu Danar Tri K. R., M.Psi., Psi (Psikolog Anak), tergantung pada kebutuhan bahasa tersebut. Intinya kita perlu menguasai bahasa agar bisa berkomunikasi.

Semakin dini anak diajarkan bahasa asing, semakin baik ia dapat menerima atau mempelajarinya. Tapi bukan berarti semakin bertambah usia anak sudah tidak bisa dikenalkan bahasa asing, hanya saja tidak semudah di usia dini.

Penelitian menemukan bahwa secara kognitif, anak yang menguasai dua bahasa memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal memori, visual-spasial, atensi, dan kreativitas. Kemudian dalam hal dampak sosial, anak bisa memiliki kesempatan yang luas dalam mengeksplorasi budaya asing, termasuk berkomunikasi dengan orang asing.

Tetapi, hal penting yang perlu dicatat yaitu saat mengenalkan bahasa asing akan lebih mudah dipelajari ketika anak sudah menguasai bahasa ibu. Selain itu, anak juga harus memiliki perkembangan bahasa yang terbilang normal (tidak ada gangguan/keterlambatan). Jadi, orangtua sebaiknya sudah memastikan bahwa perkembangan bahasa Ibu anak sudah sesuai usianya sebelum menerapkan bahasa asing. Jangan sampai nanti akan jadi bingung bahasa dan menghambat perkembangan bahasa.

Perlu diketahui juga saat kita mengenalkan bahasa lain, anak membutuhkan interaksi langsung dengan orang lain. Jadi, bukan sekedar memberikan anak melalui lagu atau tayangan bahasa asing, karena kita ingin anak bisa komunikasi dengan orang lain.

(Narasumber: Danar Tri K. R., M.Psi., Psikolog)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *