Mengasuh Si Kecil dengan Down Syndrome

Bagi para orang tua yang memiliki anak Down Syndrome, intervensi terapi diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru untuk mereka tentang bagaimana cara merawat dan membesarkan anak Down Syndrome.


Menurut Psikolog Danar Tri Kusuma Ramdani, M.Psi., Psikolog, sebagai orang tua yang memiliki anak Down Syndrome perlu untuk memantau perkembangan anak mereka di semua area. Orang tua disarankan untuk berkonsultasi secara rutin pada ahli untuk melihat sejauh mana perkembangan mereka dan memperoleh saran untuk mengoptimalkan kemampuan mereka agar lebih baik.


Merawat Anak Down Syndrome
Sebagian anak Down Syndrome ada yang memiliki masalah tidak hanya pada perkembangannya, tetapi juga kondisi kesehatannya. Hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter mengenai perawatan yang diperlukan sesuai dengan kondisi anak. Sedangkan dalam kegiatan sehari-hari, orangtua atau pengasuh perlu untuk memberikan bantuan lebih, mengingat mereka memiliki sejumlah kesulitan terkait dengan keterlambatan yang mereka miliki.

Meningkatkan Kemampuan Anak Down Syndrome
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan anak Down Syndrome adalah dengan terapi. Hal ini perlu diberikan oleh karena anak Down Syndrome pada umumnya memiliki keterlambatan pada perkembangan mereka sehingga perlu penanganan khusus melalui terapi. Terapi yang diberikan juga harus sesuai dengan kebutuhan mereka dan sebaiknya atas rujukan ahli seperti dokter tumbuh kembang, neurology, psikolog anak.

Terapi yang Dibutuhkan Anak Down Syndrome
Pada umumnya, anak Down Syndrome memiliki keterlambatan pada beberapa area bahkan hampir seluruh area perkembangan. Terapi yang diperlukan tentunya harus sesuai dengan masalah keterlambatan yang dimiliki anak tersebut. Misalnya, anak Down Syndrome seringkali memiliki keterlambatan pada area bahasa sehingga membutuhkan Terapi Wicara. Selain itu, Terapi Perilaku dan Terapi Edukasi seringkali diberikan pada anak yang memiliki kesulitan dalam pemahaman instruksi dan belajar.

Aspek yang Menentukan Keberhasilan Terapi
Keberhasilan suatu terapi akan diperoleh apabila anak menjalani terapi sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, anak perlu konsisten mengikuti kegiatan terapi. Terapis yang sesuai dengan keahliannya juga dapat menentukan keberhasilan terapi. Keaktifan orangtua juga diperlukan dalam menstimulasi kemampuan anak mereka di rumah.

(Cahya Tiandra. Image: Anonymous)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *