“Me Time” Ibu

Saat ini wanita memiliki wawasan luas dengan seabrek kegiatan yang dilakukan baik saat lajang maupun saat sudah berkeluarga. Dengan kegiatan yang sudah banyak dilakukan ,maka ketika masih lajang anda sering menyempatkan waktu untuk me time seperti membaca buku, menonton film, mengerjakan hobi yang disukai dan kegiatan lainnya yang dilakukan sendirian. Nah bagaimana cara untuk mengatur waktu me time untuk anda, seorang ibu yang bekerja dan mempunyai kewajiban mengurus keluarga? 

Me time memiliki banyak definisi, salah satunya dalam www.thefreedictionary.com, diungkapkan bahwa the time a person has to himself or herself, in which to do something fo his or her own enjoyment yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah waktu untuk diri anda sendiri, dimana anda melakukan suatu hal untuk kesenangan pribadi. Kegiatan tersebut dapat sebagai bentuk reward untuk diri sendiri atau sebagai cara untuk mengeluarkan stress yang dialami.

Menurut Ibu Pustika Rucita, B.A., M.Psi.,Psikolog, salah satu Psikolog Dewasa di Mentari Anakku (Klinik Psikologi dan Pusat Terapi Anak), me time sangat perlu dilakukan oleh ibu. Beliau menjelaskan bahwa, “Ketika para ibu meluangkan waktunya untuk me time, maka ia sesungguhnya telah menyeimbangkan kembali kesehatan jiwanya, pikirannya dan perasaan menjadi lebih rileks, mood pun otomatis akan membaik. Nah, ketika mood sudah seimbang, ibu secara tidak langsung mengurangi resiko terkena stress, baik dalam menghadapi pekerjaan atau keluarganya.” Menurut Mia Redrick, seorang, penulis buku Time for Mom-Me, ketika seorang ibu dapat menjaga keseimbangan hidupnya, maka secara tidak langsung ibu menjaga keseimbangan hubungan yang lain dalam hidupnya. Hal ini juga diungkapkan oleh Ibu Cita, “Tanpa disadari me time memiliki manfaat untuk psikologis Anda, diantaranya membantu lebih sehat jiwa dan psikologisnya, dapat pula mengurangi stress dan suntuk, serta membuat diri merasa lebih tenang dan baik dengan segala peran di kehidupan.”

Menurut Ibu Cita sebaiknya me time dilakukan minimal 1x dalam 1 hari, dengan waktu yang bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan. Me time juga dapat dilakukan ditengah pekerjaan atau saat mengurus anak, misalnya 15-30 menit sehari. Dalam 1 minggu minimal ibu melakukan aktifitas me time 2x dalam seminggu.

Bagaimana cara mengatur me time untuk bekerja dan mengurus rumah tangga? “Sebenarnya mudah saja, para ibu bisa lebih kreatif dalam mengakali waktu. Bentuk me time juga tidak perlu muluk-muluk, misalnya pergi ke mall atau ke salon yang tentunya membutuhkaan banyak waktu. Jika ibu senang mendengarkan musik, membaca buku, relaksasi atau bahkan mandi air hangat, kegiatan tersebut sudah dapat dikatakan sebagai me time. Ibu dapat melakukannya saat istirahat kerja atau pulang kerja.”, ujar Ibu Cita.

Ada pesan dari Ibu Cita untuk anda yang berperan sebagai ibu, “Ibu Indonesia maupun di negara lain sebaiknya dapat berperan sebaik-baiknya. Tidak ada orang tua yang sempurna. Namun, dengan menjaga kesehatan psikis dan fisik kita maka secara tidak langsung dapat memaksimalkan peran ibu dengan lebih sehat. When you are happy with yourself , your family also be happy. Good luck para Ibu, enjoy Motherhood!”.

(Nian Indah Kinanthi Cahyono. Gambar: http://goo.gl/MZX7qF )

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *