Peran Orang Tua

Sebagai orangtua, Anda memiliki porsi yang lebih besar untuk membantu anak berkembang. Orangtua dapat membantu anak untuk mempelajari nilai-nilai moral atau kesantunan yang dapat membantu anak untuk berkembang lebih baik di sekolah, baik itu di dalam lingkungan pertemanannya maupun di proses belajar. Baik ayah maupun ibu sebaiknya memiliki porsi yang seimbang dan saling suportif dalam mendampingi pendidikan anak, agar anak mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

Hubungan Orang Tua
Keharmonisan orangtua juga memiliki kontribusi yang signifikan dalam perkembangan pendidikan anak. Dengan adanya hubungan yang baik dan hangat di antara orangtua, dapat membantu anak untuk belajar dengan lebih tenang dan nyaman. Tingkat konsentrasi pun dapat meningkat dengan baik, sehingga anak akan menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran.

Orang Tua Bekerja
Kondisi kedua orangtua yang sama-sama bekerja sebetulnya bukan merupakan suatu halangan untuk menjaga kualitas pendidikan anak, asalkan kedua orangtua berkomitmen penuh untuk membagi waktu dengan baik. Selain itu penting bagi orangtua untuk menjalin hubungan yang baik dengan guru anak di sekolah, agar Anda tahu perkembangan maupun kesulitan yang anak hadapi di sekolah.

Harapan Orang Tua
Sangat wajar bagi orangtua untuk memiliki harapan lebih kepada anak-anak mereka. Hanya saja, pastikan bahwa harapan itu sifatnya masih realistis dengan kemampuan anak. Orangtua sebaiknya belajar untuk lebih peka melihat kelebihan dan kekurangan anak. Kemudian fokuslah kepada kelebihan mereka. Berikan arahan yang sesuai, dan yang terpenting adalah selalu dampingi dan motivasi mereka untuk mencapai hasil yang maksimal.

oleh: Pustika Rucita, M.Psi., Psikolog (Psikolog Dewasa)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *